Tuesday, November 1, 2016

Jalan-jalan ke Belitong

Akhir tahun 2012 , kami rombongan dari keluarga di sekolah anak2 berangkat ke Belitong, akhirnyaaaaa...jadi juga setelah memendam pengen lebih dari 1 th he he
Berhubung rombongan beserta kurcaci-kurcaci, dipilih kita pake tour di Belitong nya, supaya transportasi juga gampang, maklum disana angkutan ga ada boooo.... , cukup murah, penginapan 3 malam, makan dan transport bis, kapal, mobil, 1.350 jt per orang, dianter-anter pula.... total per org dengan pesawat pp 2,6 jt.

Rumah Gadang
Sekolah Laskar Pelangi

Pulau Pasir
Batu Granit raksasa di Tj. Tinggi

Brenang seru di pulau pulau sekitaran
Giant Star Fish

Pulau Lengkuas dengan Mercusuar

Foto keluarga lengkap di Pulau Pasir (Gosong)
Day 1
Berangkat dari Bandung jam 4 pagi tanggal 22 Des , pake bis sewaan langsung ke Bandara Soekarno Hatta, kita pake penerbangan maskapai Bata*ia. Delay...as usually... sampe Belitong , kota Tanjung Pandan disambut hujan.. :(
Langsung makan siang di rumah adat Belitong ala Bedulang... rasanya kurang asoy he he

Lanjut ke Tanjung Tinggi, kira-kira 30 menit dari kota Tanjung Pandan, ini lokasi syuting Laskar Pelangi, yang berbatu-batu besar...Subhanallah ..Indaaaah...ternyata itu batu granit ya! ga nyangka deh... ada yg lebih gede dari ukuran rumah deh...
Sayang langit masih mendung, jadi pantulan airnya ga biru.... hu hu hu...

Pulangnya lewat kampung duren dooong, lagi musim dureeen! semua rumah disana punya pohon duren soalnya... nyam nyam
Dari situ kita liat Sunset di pantai kota deket mesjid, ada cafe gitu, makanannya agak aneh rasanya, serabi kinca nya asem, katanya disana emang rasanya gitu... bener gitu ?

Malemnya kita makan malem di resto deket Penginapan , sekalian tempat oleh2..wedew!

Day 2 :
Pagi kita makan di hotel, dan siap2 bawa perlengkapan brenang, karena bakal melaut kitaaaa... nyebrang ke Pulau Lengkuas dll.. ahoooy
Kita pake perahu, dan perjalanan nyebrang sekitar 40 menit... tapi pemandangan...widiiih..batu2nya itu loooh...
sampe ke pulau apa yaa namanya, kita brenang, snorkling disana, daaaan nyebrang brenang ke pulau batu di deket situ, sekitar 300 m dari perahu kita... , seruuuu, nih ada foto pake waterproof casing he he, mayan laaah buat bukti..

Lanjut ke Pulau Lengkuas, disana ada Mercuasuar... tapi ga naik ah... di Anyer juga ada he he..cape sih maksudnya ha ha...makan siang dipinggir pantai..dengan ikan2 segeeeerrr...
Brenang lagi nyebrang pulau batu di deket situ, kali ini lebih jauh, menduung boo... agak spooky juga pas mendung bergelayut banget...

Daaaaan yang paling serunya adalah nemu Pulau Pasir (Gosong), gundukan pasir di tengah laut... sekitar 5 m diamternya...Indaaah bangeeeet, subhanallah...kita seperti ada di tengah laut berdiri di atas pasir... dari foto ga kentara siih, aku punya videonya he he... fotonya di atas yaaah..

Puaaas bener brenang disini... nemu buanyaaaak bintang laut yang besaaaaaaar...banyaaaaak, dan kita juga liat mereka bergerak yg sangaaat lamban, lebih lamban dari siput he he

Malemnya kita makan nasi goreng kepiting, asoooy, tapi porsinya gede bangeeeet , nama tempatnya lupa, ntar klo dah nemu fotonya aku update deh he he

Day 3

Dari subuh ujan gedeeee bener, waduuh, padahal kita masih mau jalan ke Belitung Timur, kampung Ikal dan sekolah Laskar Pelangi... teuteup jalan, kita pake bis mini, ternyata jauh jugaaa, sekitar 1,5 jam perjalanan, daaan di jalan akhirnya hujan brenti, tempat yang dikunjungi sekolah laskar Pelangi, yang udah jadi museum, bukan di tempat aslinya, trus ke rumah Ikal yang dah jadi museum juga, trus kita lewatin tempat2 syuting Laskar Pelangi , Sang Pemimpi ...
Makan siang di resto , asik juga tempatnya ada danau di belakangnya. Trus lanjut ke Manggar , mau ngopi Manggar, dikenal sebagai kota 1000 kedai kopi, sampe sore jalan, mampir ke pantai juga.. tenang banget, tapi ga seindah yang kemaren siih he he, mampir ke Vihara di bukit juga... pokoke day 3 ini jalan keliling aja, oh ya teuteup sorenya kita ampir ke pantai juga, dan anak2 ngebet banget pengen nyemplung, para ortu ngalah...padahal mereka ga bawa baju brenang he he. kecuali anak2 ku dah siap ha ha ha

Malemnya kita karokean deeeh sambil lomba karokean, pengumuman lomba bangun pasir untuk anak2...makan di hotel aja, krn ada acara ini..

Day 4
Sarapan di hotel tapi lanjut sarapan di mie kepiting ala Belitong, enaaaak , beli oleh-oleh deeeh, krn besok musti balik ke jakarta lanjut Bandung
Jangan lupa beli batu hitam, yang konon adalah batu dari luar angkasa, disebut Batu Satam ... beli juga 2 deh, buat kenang2an he he
Yooook...ke bandaraaaaa...

Biar musim hujan seru juga! Karena sempet cerah pas acara melaut... Alhamdulillah, rejeki anak2...

See u di melancong berikutnya...