Monday, October 31, 2016

Tour Gunung Kidul -Dieng Part 2

Hai hai… Waduuuh hampir lupa lanjutin cerita part 2 nyaaaa…., okaay lanjut yaaaa…tentang perjalanan kami di bulan Oktober 2014 kemarin.. masih seru koook buat tambahan info hehehe…
Cerita perjalan kami sebelumnya Tour Gunung Kidul-Dieng Part 1 berakhir di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul.


Selepas dari Pantai Pok Tunggal.., pagi itu kita lanjut mencari Gua Jomblang, sebelumnya kita udah telp dulu ke pengelola gua Jomblang, kalau kita reservasi untuk 3 orang….
Perjalanan menuju goa jomblang harus ke arah Losari, dan masuk ke area perkebunan yang ga bisa disbut perkebunan, karena terlihat seperti agak tandus… tapi begitu memasuki area resort gua Jomblang, suasan sangat berbeda, karena resort yang asri dah rumput yangterhampar dengan alat penyiram tanaman yang terus berputar memancarkan air.. hmmm mungkin senjatanya air itu ya…
Okay resort yag asri dengan desain ala bali yang nyaman, kamar mandi yang enak banget……. siap-siap deeh kita turun… dan ternyata banyak turis juga ada orang Singapore dan Korea… hi hi… si Korea aku tebak aja.. abis kok bahasanya sering denger dan akrab… ternyata karena keseringan nonton film seri korea…heheheh




Menuju ke lubang Gua Jomblang.. disana kita sudah lengkap pakai alat pengaman, sepatu boot, helmet dan dipasang hernes untuk turun pakai tali… liat fotonya aja yaaa…
Pada saat mau turun eeeeh… kenalan dengan fotografer yang memang mau ambil spot untuk model penari, untuk diikutkan lomba.. oke deeeh… lanjut ngobroooool… heheh




Sampai di bawah, kita turun sekitar 60 m ke bawah…sampai ke tanah dengan banyak pepohonan, yang disebut hutan purba, dari situ kita turun kebawa, berjalan kaki.. sampe kedalam 30 m lagi.. sehingga total kami berada di 90 m di bawah permukaan tanah… anaku Adam dan Indira.. enjoy the trip…, lanjut berjalan kaki ke perut bumi.. masuk ke lubang gua… besaaaaaaaaar… dengan berhembus angin… asiiik segeer….. menggunakan head lamp yang kami bawa sendiri… pas banget…
ini foto dari dalam gua ke arah hutan purba tempat kita turun pakai tali:




Sampai di ujung mulut gua di depan… suara gemuruh air terdengar , rupanya di depan bawah sana ada sungai.. Subhanallaah… cahaya dari lubang gua di atas tepat masuk ke dalam gua yang gelap… indaaaah Roll of light nya… dan disebut sebagai Light of Heaven…
  



Didalam kami puaskan memotret…daaan sang fotografer yang berkenalan tadi di atas… mengajak saya (karena melihat equipment saya sbg fotografer hobi) dengan senang hati untuk memotret modelnya, sayang saya ga bawa flash…( ga niat motret model di bawah gua siih asalnya… hehe) Makasiih yaaaa… dah diajak motret dibawah, saking asiknya sampai rombongan lain duluan naik ke atas… termasuk 2 anak saya… dikawal guide yang lain… hehehe


Begitu naik pakai hernes lagi … ternyata kami ditarik oleh 10 orang.. yang bergerak sesuai ritme…. agar naiknay aman tentunya. dan mereka ga bisa digantikan mesin atau mobil yang ada disana, kabarnya untukmenyerap tenaga kerja penduduk sekitar… bagi-bagi rezeki laaah intinya… nah mungkin itu dia yang bikin treking ini agak mahal.. kami dikenakan harga Rp. 450.000/orang, mau muraah? Bayar 1/2 aja… tapi ga ditarik naik ke atas… mau? hahahaha…
Sampai di atas kami makan siang, suami yang ga ikut turun ke bawah sudah ready beserta anak2 yang sudah rapi mandi, giliran saya bebersih dan makan, lanjuuuut ke Dieng!!!

Perjalanan ke Dieng
Ke Dieng kami tidak lewat jalan motong yang disarankan, karena kami belum makan malam begitu kami sudah melewati Jogja… maka kami pilih jalan biasa yaitu via Wonosobo, supaya bisa makan malam… kami sampai ke Dieng malam hari sekitar pukul 10 malam. Persiapan tidur… kami di penginapan yang hanya per kamar Rp. 95.000/malam, cukup untuk semalam yang hanya tidur sampai jam 4 pagi, karena jam 4 pagi kita naik ke puncak Dieng, brrrr dingin bangeeeeeet malam ini… mari tiduuuuuur…!

Jam 4 lebih seusai adzan subuh kami berangkat pakai mobil sampai parkiran, sudah menjadi tempat wisata soalnya, kemudian berjalan kaki naik ke puncak Sikunir …. cukup terjal..yuuuuk mariii, ngejar sunrise dari puncak Sikunir… eeh ternyata anak-anak malah ga pake cape kayak aku yang ngos ngos an…, samapi di puncak.. waah banyak banget yang nunggu sunrise.. alhamdulillah bisa lihat sunrise yang indah dari sini…
  
Kita juga keliling daerah pegunungan Dieng, ke kebun kentang dan melihat kawah dari atas… indaaah… Subhanallah…
 



 Selesai membeli oleh-oleh khas Dieng kami pulang ke Bandung… wajiib yaaa beli carica… enak.. manisan pepaya kecil khas Dieng…
Alhamdulillah Indonesia indaaah yaaa, baru di pulau Jawa sudah indah…apalagi ke Indonesia bag timur… Subhanallaaah.. 

No comments:

Post a Comment

Al Aqso

Pengen nulis perjalanan waakte ke Al Aqso di Yerusalem waktu November 2019 kemaren, terakhir bisa jalan sebelum serangan negara api ke bumi....